Konsorsium AFI dan Rapat Perdana 2023

Blog Single

Senin 17 Januari 2023. Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam menyelenggarakan rapat antara pengelola prodi dan dosen bersama dekanat. Rapat pada hari senin merupakan koordinasi awal untuk menyampaikan rencana program pembelajaran pada Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam pada semester genap 2022.

Acara koordinasi dihadir oleh Dekan Fakultas Ushuluddin Dr. H. Ahmad Atabik, Lc., M.S.I, Wakil dekan satu Dr. Abdul Karim, S.S., M.S.I dan wakil dekan dua Ibu Dr. Irzum Farihah, S.Ag., M.Si, serta dihadiri oleh seluruh dosen pada program studi Aqidah dan Filsafat Islam. Rapat diawali dengan pembukaan dari Dekan Fakultas Ushuluddin yang menyampaikan bahwa koordinasi seperti ini merupakan hal penting untuk membangun persamaan visi dan misi program studi dan memupuk semangat dalam rangka mensukseskan kegiatan-kegiatan yang berada pada kendali program studi.

Arahan dekan disambut baik oleh ketua program Studi Aqidah dan Filsafat Islam, Nuskhan Abid, M.Pd yang memaparkan materi terkait dengan luaran perkuliahan bagi dosen dan mahasiswa pada semester genap 2022. Harapannya ialah setiap dosen yang mengampuh mata kuliah di program studi Aqidah dan Filsafat Islam bisa memiliki luaran, baik berupa artikel jurnal, artikel populer, internet of think, maupun bahan ajaran yang bisa diakses dan bermanfaat bagi khalayak umum.

Adapun untuk mensukseskan itu semua, kurikulum yang sudah ada harus mempunyai rencana pembalajaran semester (RPS), karena RPS merupakan panduan bagi dosen untuk memberikan pembelajaran kepada mahasiswa dan mengukur capaian yang akan diperoleh oleh mahasiswa. Oleh karena kekurangan RPS pada kurikulum MBKM adalah 14 maka masing-masing dosen mempunyai tanggungjawab untuk membuat RPS, seperti Filsafa Islam Klasik dan Modern, Resolusi Konflik Keagamaan dan beberapa RPS yang masih belum ada.

Pada akhir acara, Dr. H. Fathul Mufid, M.Ag selaku dosen senior pada program studi Aqidah dan Filsafat Islam menyampaikan harapan supaya kedepan bisa lebih maju lagi dan para dosen semangat untuk bersama-sama memajukan program studi.

Share this Post1: